Antarajawabarat.com, 29/3 - Duta Persib Bandung Dede Yusuf Macan Effendi berharap pemilihan dan penetapan nama Gelora Bandung Lautan Api untuk Stadion Utama Sepakbola Gedebage oleh DPRD Kota Bandung akan berbuah prestasi bagi Persib.

"Semoga dengan nama ini prestasi dan semangat juang Persib untuk jadi juara liga Indonesia tidak akan pernah padam. Perjuangan Persib adalah perjuangan seluruh 'bobotoh' se Jawa Barat, perjuangan kita semua," kata Dede Yusuf dalam siaran persnya, Jumat.

Ia mengatakan, Bandung Lautan Api merupakan peristiwa tonggak sejarah perjuangan rakyat Indonesia di Jawa Barat dalam melakukan perlawanan dan menolak tunduk terhadap penjajahan pada masa kemerdekaan.

Wakil Gubernur Jawa Barat ini mengatakan dirinya tak mempunyai kepentingan politik apapun saat mengusulkan nama Gelora Bandung Lautan Api untuk SUS Gedebage beberapa bulan lalu.

"Ketika itu dalam benak saya hanya terbesit diperlukan sebuah nama yang monumental dan dekat dengan masyarakat untuk sebuah stadion semegah Gedebage," kata dia.

Akhirnya ide penamaan Gelora Bandung Lautan Api tersebut, kata dia, dikemukaan saat launching squad Persib di hadapan para bobotoh, manajemen serta pemain di Balaikota Bandung pada Desember 2012 dan tanpa diduga usulan tersebut mendapat sambutan positif di masyarakat.

"Alhamdulillah dengan nama ini maka stadion Gedebage tidak hanya menjadi sekadar stadion saja, tapi juga prasasti perjuangan rakyat Jawa Barat. Bandung Lautan Api menjadi spirit abadi yang diwariskan turun-temurum kepada setiap generasi," katanya.

Stadion Utama Sepak Bola (SUS) di Kecamatan Gedebage akhirnya memiliki nama. DPRD Kota Bandung menetapkan nama 'Gelora Bandung Lautan Api' sebagai hasil nama stadion tersebut dalam Rapat Paripurna yang digelar di Kantor DPRD Kota Bandung, Kamis (28/3).

Polling penamaan stadion utama sepak bola (SUS) di Gedebage yang dilakukan melalui short message service (SMS) sejak 4-22 Maret 2013 sudah selesai dilakukan.

Dari 14.777 sms yang masuk ke server, 83,3 persennya memilih nama 'Gelora Bandung Lautan Api' yang merupakan usulan Wakio Gubernur Jawa Barat Dede Yusuf.

Sisanya yakni Gelora Gedebage Kota Bandung dengan jumlah sms 2.047 (11,7 persen), kemudian Gelora Rosada dengan jumlah sms 871 (5,0 persen).

"Sesuai kesepakatan rapat bamus, kami menetapkan nama tersebut sebagai nama stadion yang ada di Kecamatan Gedebage," ujar Wakil Ketua DPRD Kota Bandung, Tedy Setiadi.