Antarajawabarat.com,9/4 - KONI Jawa Barat mengupayakan Pekan Olahraga Daerah (Porda) 2014 di Kabupaten Bekasi mempertandingkan 43 cabang olahraga atau sejumlah cabang yang akan dipertandingkan pada PON XIX/2016.

"Diupayakan memang 43 cabang olahraga semuanya digelar, namun masih akan dibahas dalam Rapat Anggota Tahunan (RAT) pertengahan 2013 ini. Tentunya juga melakukan koordinasi dengan kesiapan tuan rumah," kata Sekretaris KONI Jawa Barat Ny Lili Rolina di Bandung, Selasa.

Pekan Olahraga Daerah 2014 Jawa Barat akan digelar antara Bulai Mei hingga Juli 2014 yang dipusatkan di Kabupaten Bekasi. Namun tidak menutup kemungkinan beberapa cabang olahraga dipertandingkan di daerah lain yang fasilitasnya tersedia.

Menurut Lili, pihaknya masih akan melakukan koordinasi dengan tuan rumah, terutama dalam penetapan cabang olahraga. Rapat Anggota Tahunan (RAT) akan diikuti oleh seluruh KONI Kabupaten/Kota se-Jabar serta sejumlah cabang olahraga.

Namun demikian, kata Lili seluruh cabang olahraga tetap melakukan persiapan untuk Porda 2014 sehingga tetap siap. Beberapa cabang yang disebut tidak ada fasilitasnya di Bekasi adalah hoki, softball, menembak, berkuda serta beberapa cabang lainnya.

"Semuanya akan dibahas nanti, yang jelas saat ini setiap daerah diharapkan tetap membina atletnya untuk Porda," kata Lili.

Sementara itu babak kualifikasi Porda 2014 dijadwalkan setahun sebelum pertandingan, artinya mulai September 2013 sejumlah cabang olahraga sudah ada yang melakukan babak kualifikasi.

"Tahapan Porda sudah masuk program KONI Jabar, beberapa cabang olahraga telah merancang babak kualifikasi," katanya.

Di lain pihak, KONI Jabar juga telah menggulirkan program Pelatda PON XIX/2016 yang dimulai sejak 1 April 2013 yang akan berlangsung hingga PON 2016 yang akan digelar di Jawa Barat.

"Semua pembinaan dan pelatihan atlet fokusnya untuk PON XIX/2016 yang mana Jabar menargetkan juara umum," kata Sekretaris KONI Jabar itu menambahkan.***4***

Syarif A