Antarajawabarat.com,29/4 - Kepala Dinas Pendidikan Nasional Jawa Barat H Wahyudin Zarkasy optimis pelaksanaan UN untuk tingkat SD/MI akan lebih baik dibandingkan UN tingkt SMA dan SMP.

"Persiapan untuk UN tingkat SD lebih matang, pengalaman kendala waktu UN sebelumnya dievaluasi, selain itu pencetakan dilakukan di Bandung dan pendistribusian soalnya sudah disiapkan dengan matang," kata Wahyudin Zarkasyu.

Menurut Wahyudin, teknis pelaksanaan UN SD/MI berbeda dengan UN SMP dan SMA dimana pencetakan dilakukan oleh Disdik Jabar di Bandung.

Pelaksanaan UN akan berlangsung tiga hari yakni 6-8 Mei 2013. Sedangkan pendistribusian soal akan dilakukan mulai 3 Mei, khususnya di kabupaten yang memiliki daerah cukup luas dan memiliki daerah terpencil.

"Pendistribusian soal UN SD/MI dilakukan lebih awal ke daerah seperti Cianjur, Kabupaten Sukabumi, Garut dan beberapa kabupaten lainnya, hal itu untuk memastikan 5 Mei seluruh soal sudah terdistribusikan," katanya.

Namun demikian, beberapa daerah seperti Kabupaten Bandung dan Kota Cimahi meminta agar pendistribusian soal dilakukan pada 5 Mei karena mereka enggan menyimpan soal lama-lama di titik bongkar.

Jadwal UN SD/MI yakni Senin (6/5) Bahasa Indonesia, Matematika (7/5) dan IPA (8/4).


Syarif A