Antarajawabarat.com, 8/6 - Sebanyak 1.500 peserta dipastikan ikut bertualang pada ajang Bandung Lautan Trail II/ 2013 Sentul - Bandung yang akan digelar 29-30 Juni 2013.

"Ajang Bandung Lautan Trail II ini lanjutan ajang serupa tahun lalu, bedanya tahun ini digelar dalam dua hari secara marathon," kata Ketua Panitia Bandung Lautan Trail II/ 2013 Cepy Setiana di Bandung, Jumat.

Rute yang akan dilintasi peserta sepanjang 300 kilometer. Start dilakukan dari Sirkuit Internasional Sentul - Hambalang - Jatiluhur - Purwakarta yang menjadi etape pertama.

Sedangkan etape kedua atau hari kedua akan menempuh jalur Purwakarta - Wanayasa - Lembang - finish di Lapangan Gasibu Kota Bandung.

"Peserta terdiri dari atlet dan penghobi trail adventure Jawa Barat, Jateng, DKI Jakarta, Banten, Jatim dan dari beberapa daerah lainnya," kata Cepy.

Ia menyebutkan, ajang Bandung Lautan Trail tahun 2012 lalu, mencetak Rekor MURI sebagai ajang Trail Adventure dengan peserta terbanyak yakni mencapai 3.472 peserta. Serta Rekor MURI untuk jumlah nasabah bank berbasis komunitas terbanyak.

Kegiatan tersebut digelar atas kerjasama Bank BJB Trail Adventure dan sejumlah komunitas trail adventure di Jawa Barat.

"Kegiatan ini akan memperebutkan hadiah total senilai Rp300 juta, dalam bentuk mobil, motor trail dan sejumlah hadiah hiburan," kata Cepy.

Bandung Lautan Adventure merupakan ajang silaturahmi bagi kalangan komunitas penggemar trail adventure yang banyak tersebar di seluruh Jawa Barat dan Sumatera.

Terkait jalur, etape pertama Sentul - Hambalang - Purwakarta sekitar 70 persen jalur tanah tanpa batu, menyeberang sungai serta melintas di hutan dan perkebunan.

"Pokoknya jangan ada peserta yang curi start, karena kami sudah bikin jebakan bagi pencuri start, jalurnya jauh lebih sulit dan melelahkan," kata Pimpinan Pertandingan Bandung Lautan Adventure II, Nanang Dogman.

Ia menyebutkan, jalur itu akan memberikan pengalaman bagi peserta dari luar Jawa Barat karena jalurnya cukup "dahsyat" dan menantang.