Antarajawabarat.com,15/9 - Pebalap nasional dari tim United Bike Kencana Ryan Ariehaan keluar sebagai juara lomba balap sepeda Tour de Siak 2013 setelah mempertahankan kaos kuning pada etape terakhir, Minggu.

Menurut hasil lomba yang dikeluarkan panitia pertandingan, Ryan menyelesaikan tiga etape lomba Tour de Siak dengan total catatan waktu 10:25:35.

Dengan hasil tersebut, Ryan sekaligus menjadi pebalap nasional terbaik (kaos merah dan putih) Tour de Siak 2013.

Walaupun pebalap tim nasional Thailand Thurakit Boonratanathanakorn menjuarai Etape III dengan waktu 4:16:44, atau selisih 30 detik dari rombongan besar di belakangnya, total catatan waktunya belum bisa mengungguli waktu Ryan Ariehaan.

Sementara itu, kaos hijau tetap dipertahankan oleh pebalap Indonesia dari tim United Bike Kencana, Fatahillah Abdullah, setelah menjadi yang terbaik pada kategori sprint dengan total 11 poin, selisih satu poin dari pebalap Indonesia dari Custom Cycling Club Aldi Apriani.

Beberapa meter menjelang garis finis, terjadi kecelakaan yang disebabkan senggolan antarpebalap dalam rombongan besar yang memperebutkan posisi runner-up Etape III.

Direktur Perlombaan Tour de Siak 2013 Erwin Anwar mengatakan bahwa delapan pebalap telah mendapatkan penanganan medis di RSUD Siak.

Etape pamungkas Tour de Siak 2013 memiliki jarak tempuh terjauh, yaitu 182,18 km dengan rute Siak-Perawang.

Penyerahan hadiah akan dilangsungkan di depan Istana Siak Sri Indrapura pada pukul 19.00 WIB.

***4***

antara