HARGA TELUR NAIK DI CIREBON


Cirebon, 7/9 (ANTARA) - Harga telur ayam ras di pasar tradisional Cirebon, Jawa Barat, Selasa, naik menjadi Rp15 ribu per kilogram dari biasanya berkisar antara Rp11 ribu hingga Rp12.500 per kilogram.

Seorang pedagang teluar ayam di Pasar Kramat Cirebon Maman Suparman mengatakan, naiknya harga telur ayam tersebut antara lain disebabkan ongkos angkut dari Blitar dan Kediri, Jawa Timur, naik.

"Telur di Cirebon dipasok dari Blitar dan Kediri. Pada umumnya, supir truk pengangkut terlur minta tambahan sekitar Rp1 juta sekali angkut, karena truk yang mereka bawa pulang ke Blitar dan Kediri kosong," katanya.

Sebelum Lebaran para sopir biasanya mencari dulu muatan untuk pulang ke Blitar, tetapi menjelang Lebaran truk selain bermuatan sembako dilarang beroperasi, sedangkan muatan dari Cirebon umumnya bukan sembako, katanya.

Menurut dia, di Cirebon ada sembilan agen telur yang memasok Kota Cirebon, Kabupaten Cirebon, Indramayu.

Kesembilan agen telur tersebut semua mengambil telur dari Blitar dan Kediri, katanya seraya menbahkan untuk kebutuhan Lebaran persediaan cukup banyak.

"Persediaan banyak, tetapi karena ongkos angkut naik, otomatis harga telur juga naik, ditambah permintaan meningkat," katanya.

Sementara pedagang ayam potong di pasar Gunungsari Cirebon Maraliyah mengatakan, harga daging ayam potong semakin melonjak dan kini mencapai Rp30 ribu per kilogram.

Akhir minggu lalu harga ayam masih bertahan Rp27 ribu per kilogram. Harga normal sebelum bulan Puasa hanya Rp23 ribu per kilogram.

Meningkatnya harga tersebut semata-mata karena tingginya permintaan, sedangkan pasokan normal bahkan ada sedikit peningkatakan, katanya.

"Saya biasa menjual ayam potong sebanyak 300 kilogram per hari dan hari ini saya sudah menjual 400 kilogram. Dan pada hari H-2 biasanya menghabiskan 600 kilogram," katanya.

Begitu juga dengan harga daging sapi di pasar tradisional meningkat tajam, yakni diatas Rp70 ribu per kilogram.

Pedagang daging di Pasar Gunungsari Samsyiah mengatakan, harga daging sapi "as dalam" sudah diatas Rp70 ribu per kilogram. Harga daging sapi as dalam sebelum Puasa Rp63 ribu per kilogram.

Ia memperkirakan H-2 harga akan mencapai Rp75 per kilogram, mengingat pedangang beberapa hari tidak jualan pada hari Raya Idul Fitri. *
(Y003/Y008)

COPYRIGHT © 2010 ANTARAJAWABARAT

PubDate: 24/Nov/2014 15:00


BERANDA