WISATAWAN SEWA RUMAH PENDUDUK DI PANTAI PANGANDARAN



ANTARAJAWABARAT.com,21/8 - Sejumlah wisatawan sewa rumah penduduk di sekitar objek wisata Pantai Pangandaran, Kabupaten Ciamis, Jawa Barat, karena seluruh kamar hotel sudah penuh di hari libur Lebaran.

"Kita terpaksa menginap di rumah penduduk, karena gak ada lagi tempat, semua hotel sudah penuh," kata salah seorang wisatawan, asal Bandung Novi (28) di Pangandaran, Selasa.

Ia bersama keluarganya yang datang Selasa pagi sudah berupaya mencari kamar hotel untuk menginap selama liburan di kawasan objek wisata unggulan di Jawa Barat itu.

Namun setiap kamar hotel yang didatanginya sudah penuh ditempati oleh wisatawan yang sudah memesan hotel beberapa hari sebelumnya.

"Semua hotel sudah full, harganya juga jadi mahal," katanya.

Akhirnya, Novi bersama keluarganya memilih menyewa rumah penduduk dengan tarif Rp700 ribu rupiah per hari, fasilitasnya tiga kamar, dua kamar mandi, kipas angin dan televisi.

"Harga rumah warga juga sekarang jadi mahal, katanya hari biasa Rp500 ribu, sekarang jadi Rp700 ribu sehari," katanya.

Sementara itu, memasuki hari libur Lebaran, seluruh kamar hotel sudah tidak mampu menampung lonjakan wisatawan pantai Pangandaran yang datang dari berbagai daerah.

Penduduk sekitar pantai Pangandaran seringkali setiap musim ramai pengunjung seperti hari raya Lebaran dan tahun baru selalu memanfaatkannya dengan menyewakan rumahnya bagi wisatawan yang tidak mendapatkan hotel.

Objek wisata Pantai Pangandaran sejak hari pertama Lebaran sudah ramai dikunjungi wisatawan dari dalam dan luar kota yang kebanyakan menggunakan kendaraan mobil pribadi dan sepeda motor.

Pengunjung Pantai Pangandaran dapat menikmati keindahan laut atau sekedar berenang dan bermain pasir di sekitar pantai, atau berbelanja berbagai pernak pernih khas Pangandaran.

Selain keindahan laut, pengunjung juga dapat menjelahi wisata hutan Cagar Alam yang tedapat binatang seperti monyet atau sesekali dapat melihat rusa.

Wahana lainnya yang dapat dinikmati wisatawan yakni menyewa perahu untuk melihat keindahan alam di tengah lautan.***3***

Feri P

COPYRIGHT © 2010 ANTARAJAWABARAT

PubDate: 23/Dec/2014 01:22


BERANDA