Senin, 18 Mei 2009
82 PERSEN FORMASI DPRD JABAR MUKA BARU
Ditulis Oleh : Syarif Abdullah

Bandung, 18/5 (ANTARA) - Sekitar 82 persen formasi Anggota DPRD Jawa Barat hasil Pemilu Legislatif 2009 diisi oleh muka-muka baru, sisanya sekitar 18 persen merupakan muka-muka lama.

"Hasilnya 82 persen anggota DPRD muka baru, sisanya muka-muka lama. Ada juga anggota DPRD Jabar yang lolos ke DPR-RI," kata Ketua KPU Jawa Barat, H Ferry Kurnia Rizkiansyah, di Bandung, Senin.

Mereka menduduki formasi baru DPRD Jabar 2009-2014 setelah bertarung dalam pemilu yang digelar di 11 Daerah Pemiluhan (Dapil) di Jawa Barat.

Sementara itu Partai Demokrat ditetapkan sebagai pemenang Pemilu di Provinsi Jawa Barat dengan perolehan suara yang cukup signifikan.

Dari 11 dapil itu, tercatat hanya empat partai politik yang konsisten meloloskan calon legislatifnya yakni Partai Keadilan Sejahtera (PKS), Partai Golkar, PDIP dan Partai Demokrat.

Pembagian kursi DPRD Jawa Barat hasil Pemilu Legislatif 2009 yakni Hanura tiga kursi, Gerindra delapan, PKS 13, PAN lima, PKB dua Golkar 16, PPP delapan, PDIP (17) dan Partai Demokrat 28 kursi
Beberapa nama muka lama di DPRD Jabar yang masih bertahan adalah Ali Hasan, Dadang Naser, MQ Iswara (Golkar), Ruddy Harsa Tanaya, Syarif Bastaman (PDIP), Maman Abdurachman, Uum Syarif Usman (PAN), Diah Nurwitasari, Nursuprianto, Tate Qomarudin (PKS).
Sementara itu, mantan Wagub Jawa Barat yang juga Ketua DPW PPP H Nu'man Abdul Hakim saat ini terpilih menjadi anggota DPR-RI dari Dapil II Kabupaten Bandung dan Bandung Barat.

Yang menarik, formasi DPRD Jawa Barat kali ini diwarnai dengan peningkatan keterwakilan perempuan yang menguasai 25 kursi di DPRD provinsi itu.

Partai Demokrat menjadi penyumbang terbanyak anggota dewan perempuan yakni tujuh orang. Disusul Partai Golkar, PDIP dan PPP.

Sementara itu Sidang Pleno Penetapan Calon Terpilih DPRD Jawa Barat oleh KPU, sempat dilakukan penundaan penetapan untuk caleg PPP yakni Uun Kuntamiharja dari Dapil X Kabupaten Kuningan, Ciamis dan Kota Banjar.

Namun DPW PPP telah melakukan penggantian dengan M Taufik yang merupakan caleg PPP peringkat kedua dari Dapil X itu.


Ketua DPRD
Partai Demokrat berpeluang besar meraih posisi Ketua DPRD Jawa Barat periode 2009-2014 setelah menjadi pemenang Pemilu Legislatif 2009 sekaligus meraih kursi terbanyak yakni 28 kursi di DPRD provinsi itu.

Rapat pleno KPU Jawa Barat yang dipimpin Ketuanya, H Ferry Kurnia Rizkiansyah menetapkan Partai Demokrat sebagai pemenang Pemilu di Jawa Barat.

Partai yang dimotori oleh Susilo Bambang Yudhoyono itu meraih kenaikan suara di Jawa Barat dari lima persen menjadi 24,5 persen.***1***
(U.S033
(U.S033/B/J003/J003) 18-05-2009 18:18:46










[ Kembali ]