Senin, 24 Agustus 2009
JELANG LEBARAN TIKET ARGO WILIS RP400 RIBU
Ditulis Oleh : Syarif Abdullah

Bandung, 24/8 (ANTARA)- Harga tiket Kereta Api (KA) Turangga dan Argo Wilis jurusan Bandung-Surabaya pada 18-20 September atau H-3 hingga H-1 Lebaran 2009 naik menjadi Rp400 ribu.

"Mulai H-3 Lebaran 2009 ada penyesuaian tarif hingga Rp400 ribu, tiga hari itu diprediksi puncak arus mudik. Justru tiket pemberangkatan 18-20 September itu sudah habis dipesan," kata Kepala Humas PTKA Daop II Bandung, Bambang Setya Prasetyo di Bandung, Senin.

Menurut Bambang, semua tiket KA komersial jurusan ke timur pada 18-20 September 2009 mendatang mengalami penyesuaian tarif tertinggi termasuk KA Harina (Bandung - Semarang), KA Lodaya Pagi dan Siang (Bandung - Solo) dan KA Mutiara Selatan (Bandung - Surabaya).

Bambang mencontohkan penyesuaian tarif KA lainnya, harga tiket tertinggi KA Lodaya Pagi dan Siang pada H-3 hingga H-1 Lebaran mencapai Rp290 untuk kelas eksekutif dan Rp200 untuk kelas bisnis.

Penyesuaian tarif Lebaran KA tersebut melebihi tarif batas atas dari KA tersebut. Kenaikan KA komersial itu dilakukan dalam beberapa tahapan mulai dari 11 September hingga 4 Oktober 2009.

"Penyesuaian tarif itu berlaku hanya untuk KA komersial, sedangkan KA ekspres ekonomi tetap menggunakan tarif lama," kata Bambang.

Sementara itu, untuk mengantisipasi peningkatan penumpang mudik Lebaran 2009, PT KA Daop II Bandung menyiapkan kereta tambahan untuk meningkatkan kapasitas angkutan.

Bahkan untuk mengantisipasi peningkatan volume penumpang yang menggunakan KA ekonomi, PTKA akan mengoperasikan KA Pasundan II dari Stasiun Padalarang ke Surabaya.

KA Pasundan II diberangkatkan dari Stasiun Padalarang pukul 09.00 WIB, sedangkan KA Pasundan reguler diberangkatkan pada pukul 06.00 WIB.

Selain KA Pasundan, KA ekonomi lainnya yang diberangkatkan dari Kota Bandung adalah KA Kahuripan (Bandung - Kediri) dan KA Kutojaya (Bandung - Kutoarjo).

Sementara itu, musim mudik Lebaran 2009 ini juga diperkuat dengan rangkaian KA Priangan Ekspres (Stasiun Pasar Senen - Banjar). KA sekelas Parahyangan itu dioperasikan sejak 12 Agustus 2009 lalu yang diharapkan dapat mengangkut para pemudik ke kawasan Priangan Timur.

"Kami optimis KA Priangan Ekspres akan menjadi pilihan bagi pemudik untuk menghindari kemacetan di kawasan Nagreg," kata Bambang.

Selain meningkatkan pelayanan angkutan, pada musim Lebaran 2009 mendatang, PTKA juga menambah personil Juru Periksa Jalan (JPJ) dari dua orang menjadi tiga orang.
Penambahan personil JPJ itu untuk mengintensifkan pemeriksaan jalur terutama di kawasan jembatan, kawasan rawan gerakan tanah dan rawan kriminalitas.

"Penjagaan perlintasan juga diintensifkan, terutama di perlintasan sebidang tanpa penjaga. Lori motor juga diintensifkan," kata Kepala Humas PTKA Daop II Bandung itu menambahkan.

***2***
(S033/B/Z003)
(T.S033/B/Z003/C/Z003) 24-08-2009 14:09:28










[ Kembali ]