Minggu, 13 September 2009
HARGA IKAN LAUT DI INDRAMAYU MERANGKAK NAIK
Ditulis Oleh : Enjang Solihin

Indramayu, 13/9 (ANTARA) - Harga ikan laut di Kabupaten Indramayu, Jawa Barat terus merangkak naik seiring meningkatnya permintaan menjelang lebaran Idul Fitri 1430 H, sementara hasil tangkapan nelayan cendrung menurun.

"Harga ikan laut terus merangkak naik mendekati hari lebaran,selain pasokan kurang saat ini,permintaan konsumen meningkat semanjak bulan puasa minggu kedua", kata Rusmadi pengelola Tempat Pelelangan Ikan (TPI) Karangsong Indramayu, Ahad pagi.

Dikatakan, pasokan ikan saat ini mulai berkurang karena nelayan sudah banyak yang berhenti melaut sehingga kekurangan ikan,kenaiakan harga ikan akan terus terjadi H-3 hari lebaran 1430 H.

"Pasokan ikan di Indramayu masih tergantung dari nelayan setempat,sehingga apabila mereka berhenti melaut harga ikan pasti naik,menjelang lebaran tidak melaut,"katanya.

"Harga ikan saat ini Tenggiri Rp37.000/kilogram masih bertahan,tongkol Rp16 ribu/kilogram dan sebelumnya Rp13 ribu/kg kenaiakan Rp3.000/kilogram,mayun Rp13 ribu/kg yan semula Rp11 ribu/kg, Cunang Rp17 ribu/kg hingga Rp18 ribu/kg sebelumnya Rp14 ribu/kg, kakap merah Rp28 ribu/kg sebelumnya Rp25 ribu/kg.

Krapu Rp20 ribu/kg sebelumnya Rp18 ribu/kg dan setiap hari ada perubahan.

Produksi ikan di TPI Karangsong dalam satu bulan 1.019.154kilogram,saat ini mengalami kekurangan pasokan akibat sebagian nelayan sudah berhenti melaut.

Dalam satu hari ada lima sampai sembilan kapal yang mendaratkan ikan di TPI karangsong,dengan berbagai jenis ikan seperti,kakap merah,cumi-cumi,teri,tongkol,krapu.

Cumi-cumi jenis tangkapan yang semusim jadi di TPI karangsong tidak selalu ada,selain itu untuk jenis ikan kecil jarang sekali didaratkan di pelelangan kami hanya ikan besar yang didaratkan,"katanya.

"Jenis kapal yang mendarat di tempat pelelangan ikan karangsong Indramayu,memiliki ukuran panjang 13meter samapai dengan ukuran 20meter,harga kapal diatas satu milyar,"katanya.

Kenaikan harga ikan terjadi setiap tahun di kabupaten Indramayu,karena nelayan setempat berhenti meluat untuk merayakan hari lebaran bersama keluarganya,selain hari lebaran kenaikan terjadi akibat cuaca buruk,gelombang tinggi,musim angin barat.***2***

(T.PSO-061/B/M019/M019) 13-09-2009 06:55:11










[ Kembali ]